• single.php

    AMINEF dan RISTEK-DIKTI Menyediakan Beasiswa Fulbright bagi Para Dosen Indonesia

    Jakarta, 30 Mei, 2017 – Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, Direktur Jenderal, Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-DIKTI) dan Alan H. Feinstein, Direktur Eksekutif AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation), telah sepakat untuk memperpanjang program beasiswa Fulbright-DIKTI bagi para dosen Indonesia di universitas Amerika Serikat sampai dengan 2021.

    Bagi para dosen yang saat ini bekerja di universitas-universitas Indonesia dan memenuhi syarat tertentu yang lain, Program Bantuan Dana Fulbright DIKTI bagi Para Dosen Indonesia menawarkan kesempatan untuk menjalani program doktoral (S3) atau program penelitian pasca-doktoral (4-6 bulan), kedua-duanya di salah satu universitas di Amerika Serikat.

    Program kerjasama antara AMINEF, yang mengelola semua program Fulbright di Indonesia, dan Kemenristek-DIKTI sudah berjalan sejak tahun 2009. Selama delapan tahun ini, sudah tercatat 180 penerima beasiswa Fulbright-DIKTI yang terdiri dari 120 yang telah menerima PhD (S3), 24 telah menerima gelar MA/MS (S2), 2 yang telah melakukan riset untuk program doktoralnya, dan 34 peneliti Indonesia yang telah melakukan riset pasca-doktoral di universitas-universitas di Amerika Serikat.

    Dengan ditanda-tangani perpanjangan persetujuan antara AMINEF dan Kemenristek-DIKTI untuk 4 tahun lagi, diharapkan lebih banyak lagi dosen di Indonesia akan menggunakan kesempatan prestijius ini untuk belajar atau melakukan riset di Amerika Serikat.

    Menurut persetujuan, pihak Kemenristek-DIKTI akan menanggung biaya-biaya perkuliahan dan lain sebagainya, sedangkan pihak AMINEF akan menanggung biaya pengarahan dan orientasi.

    Program Fulbright adalah program beasiswa tertua dari pemerintah Amerika Serikat, yang berjalan di Indonesia sejak tahun 1952, dan di 160 negara-negara di dunia yang lain. Program itu bertujuan untuk mendorong rasa saling pengertian antara masyarakat Amerika Serikat dan negara-negara lain melalui pertukaran pendidikan dan beasiswa akademis lainnya. Pada tahun ini, Program Fulbright akan merayakan 65 tahun keberadaannya di Indonesia. Program ini dikelola di Indonesia oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) sebuah yayasan nirlaba yang didirikan atas hasil kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat pada tahun 1992. Setiap tahunnya, AMINEF memberikan beasiswa kepada warga AS dan Indonesia untuk belajar, mengajar, atau melakukan penelitian dalam berbagai disiplin ilmu. 2017 adalah peringatan 25 tahun AMINEF mengelola program Fulbright di Indonesia. Untuk informasi leih lanjut tentang beasiswa yang ditawarkan, kunjungi www.aminef.or.id.

    Media contact:
    Miftahul (Mita) Mardiyah
    Associate Communications Officer Tel: 08111 709 205
    Email: mita@aminef.or.id

    WordPress Video Lightbox